Monday, July 19, 2010

Curhat: betapa gilanya saya

Opps.. tumben keboo bilang saya sebagai kata ganti orang pertama.. selain karena memang biasa memakai “saya” untuk mengeluh, keboo juga menuai protes dari seorang teman sekelas yang bilang: “Sumpah, aku nggak ngerti cara baca blogmu, ve! Ora mudeng. Aneh!”.
Padahal orang itu sudah tau kalo keboo ini aneh, bahasa kerennya Extraordinary gitchu, tapi tetep dia protes. Hohoho…

Yap sebelum postingan ini semakin menggila, mari keboo bahas apa yang sedang keboo pikirin dan alami beberapa hari ini.
* sok banyak beban
Jujur, beban yang paling yahud adalah ujian OSCE (objective blabliblu, baca aja postingan keboo sebelumnya tentang OSCE), yang bakal diadain tanggal 22 juli 2010, a.k.a Kamis ini. JENG JONG!!! Keboo belon belajar, mana materinya banyak, pos-nya (tumben sekalian) 8 biji! Tiduuuuaaakkkk…
Perlu diketahui bahwa system ujian OSCE kampus keboo memang sangat menjunjung tinggi kerahasiaan, walopun hanya tentang jenis kompetensi di masing-masing pos. Jadi, kami mahasiswa haruslah aktif belajar banyak hal, selain aktif grasa-grusu, siapa tau ada yang punya ilmu kanuragan sehingga tahu apa yang akan diujiankan. Dan menurut hasil kasak kusuk tim pengorek kisi-kisi, alias bocoran, kedelapan post itu meliputi: (semoga dosen keboo nggak baca postingan ini +.+)

1. anamnesis psikiatri: tanya-jawab dengan pasien boongan yang berakting gangguan jiwa. Jadi harus mengorek-ngorek data pasien tentang gejala yang dialaminya, baik itu halusinasi, ilusi, delusi, orientasi, dkk.
Menurut keboo, malah dokterdokterannya, alias mahasiswanya yang bakal mengalami tanda gangguan jiwa gara-gara belon siap ujian.

2. pemeriksaan saraf kranialis.
Ada 12 jenis saraf cranial, jadi harus menghafal langkah pemeriksaan setiap saraf, karena belon ada bocoran saraf mana yang akan diujikan. Dan materinya lumayan tebel. Bisa-bisa sarap duluan keboo.

3. Imaging (mungkin hasil X-ray)
Menurut grasa-grusu, kita harus identifikasi jenis fraktur (patah tulang). Dan keboo rada lupa-lupa inget, jadi banyakan lupanya, hehhehe


mahasiswa: "ini hasil x-ray punya siapa ya?"


4. menjahit luka
Kalo yang ini, lumayanlah (sombong), walo belon rapi banget kayak dokter-dokter senior, secara masih latihan pake spons cuci piring, huhu.. trus katanya ujian pake manekin jahit yang setahu keboo kondisinya lumayan mengenaskan (uda compang camping) akibat penjahitan secara tidak berperikemanekinan oleh pendahulu. Ckckck... Nah, ada yang mau nyumbang kulit untuk dijahit?
Di samping itu, kami harus membuat jahitan sebanyak 3 biji hanya dalam 5 menit!! Bayangkan!!! (LEBAY MODE: AKTIF) Untuk level pemula macem keboo, 5menit adalah singkat, mengingat kami harus nge-rap langkah-langkah menjahit luka selama bekerja dengan manekin.
hayooo, siapa lagi yang mau keboo jahit?!

5. Cuci tangan
Cuci tangan?! Yak! Benar! Keboo akan ujian tentang cara mencuci tangan yang baik dan benar. Kalo nggak lulus berarti keboo kalah sama anak TK! Hehe bercanda.. Jenis cuci tangan yang akan diujikan kemungkinan besar adalah cuci tangan prosedural (cuci tangan sebelum melakukan prosedur medis).

6. pemeriksaan fisik anak
Inilah pos yang sebenernya agak mengherankan. Pemeriksaan fisik anak ada banyak. Kami pun harus memasukkannya nanti ke dalam rekam medis (kemungkinan). Akankah waktu 5 menit itu cukup untuk melakukannya?? kita tunggu episode selanjutnya! (mudah-mudahan cukup)

7. Peresepan
Menakutkan. Keboo sebenarnya masih nggak siap bikin resep. Karena pasti soalnya nggak akan segamblang saat pelajaran. Pasti farmasist-nya memainkan soal sehingga kami bingung.. waham curiga

8. clinical reasoning
Biasanya pos inilah yang paling banyak 'memakan korban' alias paling banyak anak yang nggak lulus. Hehe... semester lalu keboo nggak lulus pos jenis ini deh. Sebenarnya pos ini simpel, tinggal ngasi tahu tindakan yang bakal kita ambil untuk menangani pasien dengan kasus tertentu, lalu memberi alasan kenapa milih tindakan itu, kemudian memberikan edukasi kepada pasien. Tapi saat ujian keboo malah lupa mau ngasi edukasi apa, ditambah tulisan tangan keboo yang seperti cakaran kerbau, pasti si penilai nggak ngerti tulisannya dan menganggap salah pekerjaan keboo... hiks... waham curiga level 2

*****
Nah, di samping materi per posnya, hal lain yang semakin buat dag dig dug yaitu: keboo dapet putaran pertama. Keboo ulang: PERTAMA! Dengan begitu keboo termasuk orang-orang yang pertama ujian, selagi teman-teman yang lain menunggu giliran. Busyeeeet... jadi kurban di luar Idul Adha nih... hiks hiks...

Bagaimana ini? Akankah keboo stres lalu menunjukkan kegilaan akut? lalu bagaimanakah nasib Alehandro? mungkinkah Doraemon kehilangan kantong ajaibnya? *nggak nyambung*

Some people said: jalani aja. Jangan banyak ngeluh. Belajar aja, kalo persiapan bagus, hasil tidak akan mengecewakan.
Maka dari itu keboo mau berusaha mempelajari satu per satu materi selagi masih ada waktu. Maaf keboo ngeluh di sini, karena kalo bukan di sini, di mana lagi bisa ngeluh panjang lebar tanpa banyak orang protes. Hehe…
Doakan keboo bisa lulus dengan memuaskan ya…
Yes! I can!

PS: maaf postingannya berantakan, tanpa persiapan, dan blak-blakan...
xoxo

35 comments:

  1. moga berhasil mba keboo.. semangaaaaaaaaat.. :D

    semoga delapan posnya di lewati dengan aman damai dan sentosa.. hehee

    ReplyDelete
  2. kebo ada2 aja gambar pinguin hasil x-raynya

    ReplyDelete
  3. mudah-mudahan aku ngga rug begadang buat ngeblog eh buat bajar OSCE Ve..
    Haiyah, kenapa hidup ini penuh dendam dan amarah, layaknya judul sinetron? *grandiosity delusion* ngga nyambung law ya. ahaha

    ReplyDelete
  4. OSCE oh OSCE...
    Kau membuatku schizophren akut
    Membuatku cemas dan berdebar-debar setiap aku mengingatku (ngalahin debaran jantungku saat melihat sang adek kelas yang cuakep)
    Aku mau lulus!!!!!! Astungkara! Swaha!

    ReplyDelete
  5. wiii...sukses sll deh buat keboo..moga lulus ya...

    ReplyDelete
  6. Boo...dirimu memang hebat top markotop
    sebagai mahasiswa kedokteran aku angkat jempol tangan dan kakiku karena masih sempat2nya ngeblog ditengah ujian yang bejibun

    oh ya..ngomong2 jadi dokter itu keren lho..
    satu2nya orang yang bisa nyuruh orang lain dengan sukarela membuka bajunya..
    hehehe.

    sukses ya boo

    ReplyDelete
  7. wahh....calon dokter nih....

    ^_^

    ReplyDelete
  8. Asik bacanya.
    Untung aku ga dikasi masuk kedokteran..
    amien, amien..
    kwkkwkwwkw.
    Sukses selalu untuk ujiannya.

    ReplyDelete
  9. walah tg difoto koq foto badan pinguin
    mmm ka jd ragu nih kalo yg jahit keboo
    nt jaitannya dibntuk love2 lagi hehe :p

    ReplyDelete
  10. ya ampun kebo, lagi stres ujian gitu asih semapt bikin postingan.
    hebat!
    kalo aku udah stres duluan mau ngapain, mau mulai belajar dari mana.
    :p

    ReplyDelete
  11. semangat ya keboo....
    smoga smua lancaaar....
    untung aku gak jadi kuliah di kedokteran...
    hehehe

    ReplyDelete
  12. Tes pisikotes,
    ada beberapa hurup yang saya hilangan di beberpa kata disni,da apa bila hurup itu diabungkan akan membtuk sebuah kalima ktif untkmu.




    Nb:Semoga sukses dan berhasil ujianya,dan semoga menjadi kebo paling pintaaar sejagad raya. amiiiiiiiiiin.

    Koment perdana loh,selama aku hiatus.
    idieeeeeeeh aku.

    ReplyDelete
  13. PERTAMAX dulu yah mbak,,,,, xD

    \:D/

    hihihihihih
    namanya juuga manusia...
    penuh di lema

    ReplyDelete
  14. Yah dikauuu..
    Mbo udah vaksin hepatitis sejak jaman dulu kalaaaaa.. waktu itu, malah petugas kesehatannya yg datang ke sekolah.
    Walaupun.. biayanya tinggi - tapi waktu itu kan ortu yg bayarin.. qiiqiqiiq..
    Puskesmas emang ada vaksin hepatitis ya..??
    *ga yakin. :p

    ReplyDelete
  15. wah keboo ambil kedokteran yah?
    Ada jahit menjahit segala??hehe
    sepertinya baca hasil X-ray juga gak gampang tuh...
    Semoga bisa lulus yah...
    Keep Spirit!!!

    ReplyDelete
  16. Wadoooh..kalau ujiannya kayak gitu, bang Pendi juga bisa sarap duluan tuh ! hehe. Tapi kalau soal nyumbang kulit bang Pendi kayaknya mao kalau non keboo yang pegang2..eh jahit maksudnya...hehehe

    Salam hangat & sehat selalu...

    ReplyDelete
  17. Pertamaa !...
    It's nice to be here again. Jadi ktagihan mo ke kandang ini truss. Heehee....
    Alasan :
    1. KEbo Aneh dan kocak abis
    2. Bru kali ini ktemu kebo yg cantiq skaligus genius.
    You must be a wonder girl, salam sobat :)

    ReplyDelete
  18. keboooo... jangan menyerah... ayo kamu bisaaaaa!!! aku doain moga semua berjalan lancar dan mendapatkan hasil terbaik... sukses ya...

    ReplyDelete
  19. hahaha tetap semangat yah. Cia Yooo!!!

    ReplyDelete
  20. ada mbak, saya mau nyumbang kulit. tapi kulit sapi, ada 5 lusin. tolong jaitin ya. hehe :D

    n' saya doakan smoga lulus. amien. :)

    ReplyDelete
  21. aku ga mau deh dijahit sama kebo,masak disamain sama spon >.<

    ReplyDelete
  22. hayo2 semangat...
    pasti bisa, ternya buanyak banget ya seabreg ga beda jauh dengan aktivitas saya haha..
    semoga semua lancar ya
    Sukses Slalu!

    ReplyDelete
  23. hahaha....... bu dokter mau ujian....... wakakakak.... sukses yah......

    ReplyDelete
  24. lalalalala keboo....

    itu ujian apaaahh...
    saya bacanya aja jadi ikutan stresss....huhu, salut deeehhh sama keboo yang calon dokter inih.

    semangat yaaa ujiannnya. semoga lancar. Amin.

    ReplyDelete
  25. makasi ya temen2... ujian yg ternyata jadinya displit jadi 2 hari, hasilnya lumayan (buruk), hehe..
    tinggal nuggu hasil farmasi aja.. fyuh...

    dan akhirnya saya bisa nonton Eclipse dgn sante.. (nggak nyambung)
    love you all ^^

    ReplyDelete
  26. semoga Mbak Kebo LuLus dengan hasiL dan niLai yang sesuai dengan yang diharapkan, terima kasih teLah berbagi kisah.

    saya ijin untuk ikutan terinfeksi virus Kebo.

    ReplyDelete
  27. calon dokter yaa?? woooww hebaaaatt.. sukses yaaa :)

    salam knal :)

    ReplyDelete
  28. mendapat kesempatan yang pertama bagiku merupaka satu keuntungan tersendiri. Apalagi sudah tahu akan mendapat giliran pertama, pastinya akan mempersiapkan segalanya dengan lebih baik lagi. Tapi kalau kurang peresiapan, ya siap2 aja senam jantung.
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    ReplyDelete
  29. kebo sudah melakukannya dan mendapatkannya

    blogwalking nih teteh cyut

    ReplyDelete

Related Posts with Thumbnails