Monday, January 11, 2010

geser waktu musim hujan

Huhh… akhir-akhir ini awan hujan mulai menyelimuti Bali. Setiap pagi buta sekitar jam 4 gunturnya juga besar banget!

Ini bikin bobonya keboo nggak pol aja, karena keboo takut denger suara guntur, jadi senyenyak-nyenyaknya keboo bobo, kalo udah ada guntur meyambar-nyambar, pasti bangun.

Kayak tadi pagi jam 4 keboo lagi enak-enaknya mimpi ngurusin adek bayi (entah punya sapa) yang ngompol, tiba-tiba,
Jeguuueeeeeeeeeeeeeerrrrrrrrr!!!! Guntur itu bunyi gueeede sekali, sampai-sampai keboo teriak “ibuuuu…” terus bangun dan pipis.
Hehe…
Wajar sih y, namanya juga musim hujan. Tapi yang keboo heran itu kenapa baru sekarang????!!! Ini menyisakan tanda tanya besar di otak keboo yang sempit ini!

Seinget keboo pelajaran dari SD sampai SMA, yang namanya musim hujan di Indonesia itu mulainya dari bulan Oktober sampai Maret.

Nah kalo tahun ini, bulan Oktober hujan cuma 2-3 kali sebulan, sisanya panas membara bak musim panas di Florida (
rimanya mau masuk yah? Nggak rugi guru bahasa ngasih nilai 8).

Bulan November juga nggak jauh berbeze alias berbeda. Kalo bulan Desember kemaren sepanjang pengamatan keboo, mendung sering sekali terjadi, tapi hujannya nggak turun -turun, kayak ada yang mempawangi biar nggak turun dulu.

Baru deh bulan Januari ini awan mulai bongkar muatan. (
Badan Meteorologi dan Geofisika bisa tuh nerima keboo jadi pengamat cuaca! Hee…katanya nih institusi namanya udah diganti ya?)
Sekali lagi keboo nanya: kenapa yah??? Apa text book kita salah cetak?

Sebenernya keboo curiga ini karena pemanasan global, jadi iklim berubah di mana-mana termasuk Indonesia. Sekarang aja lubang di atmosfer udah mencapai 2 km, itu sudah cukup buat melelehkan es kutub selatan secara perlahan.

Takutnya ramalan pulau-pulau tenggelam gara-gara es kutub selatan yang ludes jadi air tu beneran terjadi. (
Knock the wood, far far! Terjemahan: jikping joh joh *sambil nyari kayu buat diketok). Lalu apakah yang bisa kita lakukan buat mencegahnya?

Setelah bersemedi 3detik 3 menit keboo inget gerakan Go Green. Kita pun bisa berkontribusi untuk melindungi bumi tercinta! Dimulai dari hal-hal kecil, misalnya mengurangi pemakaian freon dan pembuangan limbah gas karbon. Misalnya mengurangi penggunaan kulkas atau AC yang masih pakai freon banyak. Atau nggak bakar hutan, kurangi bakar sampah, sampai mengurangi penggunaan kendaraan bermotor.

Bisa juga menanam pohon di halaman rumah atau sekolah dan kantor. Kurangi juga penggunaan plastik, misalnya bawa tas sendiri pas belanja. Sederhana kan?! Jadi dari sekarang ayo kita lindungi bumi, kalo nggak di bumi, di mana lagi kita bisa tinggal?!
sebagai penutup keboo isi nih link ke salah satu postingannya mbak dewi lestari tentang plastik. Ini baru aja keboo temuin.. baca deh, pasti jadi lebih tergugah daripada temen-temen baca dari postingan keboo ini. huhuhu... klik di sini..

No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails