Thursday, April 1, 2010

Puisi dan keboo

Keboo berpuisi?! Nggak deh!! Bukannya gimana, cuman memang dari dulu, dari SD tepatnya, keboo udah ilfil kalo disuru buat dan deklamasi puisi (kecuali puisi untuk kloset). Adalah BENAR kalo trauma masa kecil bisa membentuk karakter orang di kemudian hari. Atau cuma keboo aja?!

Waktu kelas 5 SD ada lomba puisi dan ibu guru lagi bingung mau ‘ngorbanin’ siapa buat jadi pesertanya. Terpilihlah sekitar 10 orang kan
didat yang kemudian berlatih secara khusus, dan keboo tidak termasuk di dalamnya. Kecewa? Nggak donk! Keboo malah suka ngintipin (baca: cekikikan di luar ruangan) pas mereka latihan. Abisnya lucu aja ngeliat mereka.


Tapi si ibu guru tampak pusing dan tidak puas dengan kesemua murid tadi. Dan melihat kepala keboo dan beberapa teman tersembul dari jendela ruangan, muncul ide gila si ibu guru untuk nyuruh kami ikut latihan. Ajiiiip!!! Keboo langsung tolak mentah-mentah tuh tawaran, lowong sebenernya keboo belon pernah liat orang deklamasi puisi! Jadi mana tahu keboo cara berdeklamasi dengan baik, benar, dan tidak menyesatkan.
Si ibu guru tetap memaksa keboo. Katanya coba aja, gampang kok, tinggal baca pelan-pelan dan penghayatan. Grrrhh… Dengan bete keboo ambil naskah puisinya dan membacanya. Tanpa nada, bahkan tanpa suara, alias mute, bahasa kerennya: lipsing. Hehehe… *bu guru, muridmu ini sedang mengujimu, hihihi*

“Keraskan volume suaramu, nak! Biar semua bisa dengar..”, si ibu guru mulai geregetan sambil pasang kuping di deket pipi keboo.

Lalu keboo ulang lagi tapi dengan volume yang hanya dinaikkan 1 level, jadi nggak jauh berbeze (berbeda) dengan sebelumnya.

Masih di deket pipi keboo, “Suaranya dikeluarkan, bu
ka mulutnya.”, mulai mencontohkan cara membuka mulut yang baik dan benar, tanda-tanda depresi si ibu guru.

Tapi keboo kekeuh nggak mau ngegedein volume, ini bentuk protes keboo karena ibu guru nggak kasi contoh cara berpuisi seperti apa. Ceileh, kecil-kecil bisa protes juga nih si keboo junior!

Dan setelah mengulang perintah yang sama namun tak memberi hasil juga, akhirnya, “Ya sudah, kamu boleh kembali ke kelas”, si ibu guru nyerah juga. Yay … lol
Namun sejak itu keboo mulai penasaran puisi itu seperti apa, dan keboo mulai menggubah puisi (gubah?!). Yep, keboo dulu punya buku kumpulan puisi karya keboo junior, walaupun hanya tercipta sekitar 8-an puisi. Keboo berniat mempublikasikannya, sapa tahu ada yang mau membukukannya dan keboo bisa jadi headline di mana-mana: ‘Berita Heboh Masa Kini: Buku Kumpulan Puisi Buah Karya Seekor Keboo!’.
Layaknya business woman, keboo mulai menyusun strategi pemasaran puisi. Dan kemudian memutuskan tabloid anak-anak lokal, Lintang, sebagai media memulai debut sang calon maestro ini, hehehe... Keboo mulai mengirimkan satu per satu karya keboo ke redaksi Lintang Bali Post.

Berminggu-minggu keboo ikuti edisi demi edisi Lintang, berharap mahakarya keboo terpampang dengan indah di halaman khusus puisi pembaca. Namun tak satupun karya keboo muncul di halaman itu *ooowwhh…*. Gile! Emang sebegitujelekkah puisi buatan keboo?! Sakit hati, hikshiks.. jadi males lagi deh
buat puisi. Weleh weleh…

Biar begitu, keboo masih suka baca karya-karya keren pemuisi, eh pesajak, eh? Apa ya sebutan buat maestro pembuat puisi? Keboo nggak tahu.. yah pokoknya beliau-beliau itu! Termasuk juga kakak-kakak pemuisi blogger. Hehe.. maju terus kawan!! Teruskan cita-cita keboo yang tertunda itu!! *Eh?!*

ini ada award dari piet cantik, bagus banget!! makasi ya piet, ayo berkarya! go go power ranger!


50 comments:

  1. wah sama nih saya juga tidak bisa baca puisi hehehehehehe............kalau baca doank si bisa.....penghayatan yang kurang!!!!!

    ReplyDelete
  2. jadi pengen liat kebo baca puisi ^^

    selamat atas awardnya ^^

    have a nice day ^^

    ReplyDelete
  3. Salah tuh bu gurunya, harusnya minta Keboo baca puisi sambil taruh ular didepannya...pasti suaranya kenceng dan penuh penghayatan ( sambil tereak-tereak segala..he...he )

    Selamat ya non atas awardnya...

    ReplyDelete
  4. yayy yang pertama!!

    pasang puisinya donk keboo,, pengen liat pengen baca o_o

    ReplyDelete
  5. wah,kalau saya yang jadi gurunya,tak jewer tuh telinganya keboo. .
    Hahahaha. .

    ReplyDelete
  6. hayuuu keboo kamu pasti bisa coba dunk bikin puisi
    pengen liat nie puisi romantis keboo hihihi

    ReplyDelete
  7. hari ini dapet posisi jendral kah saya...?
    hihihihihihi... amankan posisi pertama dulu baru komentar...
    hihihihihihi

    ReplyDelete
  8. ngomong ngomng puisinya menang ga....?
    hihihihihihihihihihi

    ReplyDelete
  9. ak juga g bisa tuh boo klo suruh mendeklamasikan puisi...
    hehee..

    selamat ya buat awardnya.. :D

    ReplyDelete
  10. pujangga sebutannya boo...

    puisinya diposting dong boo....

    ReplyDelete
  11. gitu doank booo?????*dilempar keboo pake pembajak sawah*
    tumben klimaks yg bikn ngakak g ada heehehheeh..
    but selamat atas awardnya...kebookan dapat award yg biasa no 2-7 plus yg tag template..masak da dapat semua tu award?bener2 hebat...

    ReplyDelete
  12. wuahhh...ayooo dong dipajang hasil karya pas SD duluuu..!!!
    Kalo jg suka baca doang, tapi gak pernah bisa buatnya...

    ReplyDelete
  13. hahahahaha... ada2 aja kamu tuh boo... meskipun kamu ga berbakat jadi "pemuisi" (kosakata dari kamu) tapi kamu berbakat jadi pelawak kok.. termasuk pelawak blogger... yang akan menyemarakkan dunia blogger ini... semangat boo... tunjukkan kekuatanmu... hehehehe

    ReplyDelete
  14. :) kebo junior lucu..

    hehe..kebo junior maestro puisi..

    Cia yo..^^

    ReplyDelete
  15. Bayanganku postingnya keboo berjajar rapi dg kalimat-2 puitis..eh tetep berbentuk narasi..hehe..slmat awardnya.

    ReplyDelete
  16. rupanya gitu ya, keboo..
    sama lah kita.
    bedanya saya masih bikin puisi sampai sekarang, belajar juga buat berpuisi dalam bahasa inggris (meskipun ngasal) :D

    ReplyDelete
  17. yay sama senasib sepenanggungan berat sama difficult! puisi tu beraaaaaath!
    ngga kuaaaats! ^_^

    ReplyDelete
  18. gue juga paling ga suka kalo disuruh bikin puisi apalagi disuruh bacain puisi

    no no no

    ReplyDelete
  19. kalo aku mah paling gak bisa bikin puisi..
    hihi..
    wah..sealamat awardnya..

    ReplyDelete
  20. Selamattt Boo awardnya keyeennnn :)

    ReplyDelete
  21. Kalau aku ga bisa bikin puisi...

    ReplyDelete
  22. kirain beneran bakal kutemukan sebaik puisi disini..
    lha ternyataa...
    awardnya bagus.. selamat ya..

    ReplyDelete
  23. Baca puisi bikin stress aja boo
    pusing jadinya, bisa2 pipis di depan kelas.
    hahaha

    ReplyDelete
  24. hihihi,saya juga ga suka puisi dulu :) tapi sekarang suka

    ReplyDelete
  25. jadi endingnya apa nih Boo yg manis :) btw selamat ewodnya ya :)

    ReplyDelete
  26. puisinya di tunggu yah kak...
    enggak enak mau panggil *kebo*.........
    aku panggil kakak aja yah

    salam kenal kakak
    di tunggu yah kunjungan baliknya di
    http://zona-ketawa-kita.blogspot.com/

    ReplyDelete
  27. Kalau terus berlatih membaca puisi dan menulis puisi, lama juga bisa kok...

    yahkan...
    kecuali kalau orang yang punya bakat,, gak perlu diasah juga dia udah mahir sendiri. hehe

    ReplyDelete
  28. sebutan buat pemuisi blogger tuh "sasatrawati KEBOOKYUUT" , :)

    ReplyDelete
  29. Kalo Seiri mah
    cuman bisa bikin aja..
    kalo di suruh baca, apalagi di depan orang banyak biasanya gagap..
    sekali pernah sampe nagis coz nggak keluar suara cuman keringat dingin...

    ReplyDelete
  30. waha pertamanya nech mbak
    salam kenal dl yach..
    wehe dapet bingkisan dari MB yach..
    selamat yach
    Sukses slalu!

    ReplyDelete
  31. aku juga ga bisa baca puisi loh

    ReplyDelete
  32. ampe sekarang gw masih bingung bedanya antara deklamasi ama puisi...kalo pulisi gw tau jeng...

    ReplyDelete
  33. kikikik kebo skrg udah berevolusi juga jadi permuisi eh persajak hahahaha

    btw bow... awards dari mia belom kamu ambil tuh *asah2 cakar*

    ReplyDelete
  34. kkeeebooo bisa buat puisi??? ga kasian ya baca bo????
    baca blog ini aj bawaannya ketawa mulu wkwkkwkwkwkw

    di post donk booo
    [berharap mode on]

    bo msa follow n follow doank
    tukeran link yuuukk :)

    ReplyDelete
  35. keboo keboo
    blog nya keboo lucu..
    hihi
    aku follow ya.. sekalian aku pasang link nya

    ReplyDelete
  36. siang keebboooo
    dah ku pasang link buruan sana liat hehehhe :)

    ReplyDelete
  37. jadi penasaran nih pengen liat puisi buatan keboo, dipajang donk....

    ReplyDelete
  38. kenapa ga sekalian aja sekarang di publish

    ReplyDelete
  39. Salam kenal... Pertama kali ke sini. Jiah, lucu amat yaks...??? namanya juga lucu, kebo cute :D

    Jadi, masihkah bosan berpuisi?

    ReplyDelete
  40. puisi itu jiwa, puisi itu cinta, puisi itu rasa :)

    ReplyDelete
  41. puisi yang tentang kloset kereeeen kok,, keliatan banget yang buat puisinyaaa lihai ngerakit kata kata...

    mba keboo pa kbaar?

    ^________^

    ReplyDelete
  42. puisinya mana???
    kok gak di post sekalian???

    ReplyDelete
  43. maaf buat temen2 yang menanyakan dan meminta keboo majang puisi keboo. dan dengan ini keboo mengumumkan kalo keboo nggak bisa. kenapa? karena buku puisinya udah hilang waktu keboo pindah rumah dulu pas SMP yg kebooinget ada puisi tentagn tahun baru, pahlawan, pelangi, ortu, dan objek2 anak SD lainnya..
    sayang banget emang, padahal kalo dipublish di sini sapa tahu ada yang mau nerbitin buku kumpulan puisi keboo junior! hahaha..
    kalo keboo buat puisi sekarang ntar jadinya puisi menyesatkan lho...

    ReplyDelete
  44. YA udh lo gitu boo...
    DI tunggu aja artikel terbarunya..
    hihihihihihi

    ReplyDelete
  45. wkwkkwkwwk

    keboooo yang lucuuuu,

    aku coba ngebayangin puisi kamu kayak apa /

    paling puisinya tentang pup dicelana waktyu SD dulu wkwkwkwk

    lho kok tahuu???

    ReplyDelete
  46. ia nih mana keboo pajangan puisi waktu sd'y,,pgn lyad ^0^

    ReplyDelete
  47. kebo paling pandai kalu bercerita,, seolah olah kebo ada di samping gue,klo baca postinganmu bo,,,

    ReplyDelete
  48. Yach...ku kira bener ada puisinya disini
    :(

    ReplyDelete

Related Posts with Thumbnails