Wednesday, February 24, 2010

Jangan Ragukan Keaslian Keboo

Saudara-saudara, keboo nggak bisa berbahasa dan berlogat Bali, bukan berarti keboo bukan orang Bali!

Maksudnya ‘aksen’ adalah ‘Methok’nya Bali, kalo Jawa kan medhok. Hehe.. coba saja perhatikan (kebanyakan dan nggak semua) orang Bali kalo ngomong bahasa Indonesia, fokuskan ke huruf ‘T’, dan mengertilah Anda kenapa keboo namain methok. Tapi nggak seperti yang di sinetron atau film yang ceritanya ada orang Bali, itu sih terlau maksa methoknya.

Selain methok, masing-masing daerah Bali sebenarnya memiliki variasi aksen yang unik. Mau tahu cara membandingkannya? Pergilah ke pasar tradisional masing-masing daerah, dan Anda akan mendengarkan perbedaannya. Trust me, it works!

Membuat postingan kelentang, keboo jadi inget kesangsian orang-orang terhadap daerah asal keboo.

Misalnya waktu keboo masuk SMA, keboo pindah dari sebuah kota kecil menuju Denpasar. Salah satu temen baru keboo bilang, “Kamu beneran dari Klungkung? Kok nggak ada logatnya sih? Tuh si Ajung aja kedengeran sekali logatnya, kalian katanya satu SMP! Kok kamu kayak dari kota besar?!”
Jiegh… berasa jadi artis ibukota… *jitak*

Contoh lainnya waktu keboo jenguk Ncenk di RS, kebetulan ada keluarganya dan salah satu tantenya ada yang nanya gini, ”Adik dari mana? Dari Bali kan?”. Ncenk ketawa aja dengernya. Huh!

Sebenernya masih banyak contoh lain, misalnya waktu keboo beli es puter pada pedagang keliling. Dan keboo cuma bilang gini, ”Esnya satu dibungkus ya, mas”. Dan ketika pedagang hampir selesai membungkusnya, dia tiba-tiba nanya gini, ”Dari Jawa mana, mbak?”
Grrrrrrr.......
*****
Suatu hari, ceritanya keboo lagi ngidam rujak dan kebetulan ada pedagang rujak keliling. Keboo menyetopnya dan bilang, ”Rujaknya satu, dibungkus, buahnya campur aja ya, mas”.
Seperti yang bisa ditebak, terjadilah percakapan gila itu.

Penjual Rujak: ”liburan nggak pulang ke Jawa, mbak?”
Keboo : krik... Kenapa lagi-lagi sih??... grrrrrr..., ”eh, apa mas?” (pura-pura nggak denger)
PR : ”liburan nggak pulang ke Jawa, mbak?”
K : karena kesel, keboo ikutin aja pertanyaannya,”oh, nggak mas. Masih kuliah”
PR : ”kuliahnya di kampus jalan besar depan ini ya mbak?”
K : ”iya...”
PR : ”asalnya jawa mana?”

Nah lho.... udah bohong… mau dilanjutin???

Keboo bingung, dan terlintas di ingatan keboo, si Dian, temen keboo yang asalnya dari Bali tapi rumahnya di Jawa.
K : ”Dari... dari Jember, mas”
Seperti komedi situasi, percakapan mulai bikin keboo keluar keriget dingin sebiji jagung.
PR : ”Wah, sama mbak, saya juga dari Jember.(jegueeeerrr... petir di siang bolong) Rumahnya di mana? Kalau saya di @#$%^&*”

ilustrasi dicopas dari: kaskus.us/showthread.php?t=2227211

K :
(waduh gawat, udah kepalang basah, dengan ngarang abis keboo pun hanya mengingat UNEJ), ”Di deket UNEJ, hehe”
PR: “Wah, saya dulu pernah jualan di deket kampus itu, lho. (jegueeerrr... petir kedua nyamber lagi) Tapi jadinya pindah ke Bali sini..”
K : “hohoho“
PR: “Di jalan mana mbak?“

Jangan-jangan nih tukang rujak udah tahu keboo bohong, jadi dia ngerjain. Hiks hiks...
Tapi nggak mau kalah, keboo ngarang dengan pasrah.
K : “Di daerah belakang kampus gitu deh, mas“
PR: ”Ooh, berarti di jalan Sudirman ya??”
K : ”Eeee.. di sekitar situ dah, mas”

Hiks hiks... dalam hati keboo pengen banget ini semua cepet berakhir, soalnya Keboo udah takut ditanya-tanya lagi, belum pernah ke Jember sih. Tapi syukur, rujaknya sudah selesai dibungkus dan setelah bayar, keboo langsung ngabur…

Sambil makan rujak tadi dengan lahap, keboo sms Dian:
"Di, maafkan aku mencuri identitasmu"

Nggak berapa lama si Dian jawab sms keboo:
"Kenapa? Aku nggak ngerti"

"Aku ngaku dari Jember ke tukang rujak, plus punya rumah d belakang UNEJ. beneran y nama jalannya jl. Sudirman?"

"Jiaahhh..."

Maafkan aku pak penjual rujak, keboo hanya kesel terus-terusan ditanya gitu… huhu..
Kepada anak UNEJ, bener nggak di sekitar kampusnya ada jalan namanya jalan sudirman?
Pesan moral: kebohongan hanya akan menggiringmu ke kebohongan lainnya.
Tips: kalo bohong, gunakan imajinasiong untuk mengarang kisah bohong lebih lanjut.
Peringatan: don’t try this at home! Apalagi kalo kamu nggak bisa bohong. Bila rasa bersalah mendalem dan ketek bau asem berlanjut, kabur secepatnya dan akhiri percakapan Anda!



45 comments:

  1. hohohohohoho...
    makanya jangan boong...
    klo emang orang Jawa ya ngaku aja...
    lho????
    hehehehehehe

    ReplyDelete
  2. kasian banget si tukang rujak,,

    ReplyDelete
  3. Gyahaaa... adda-adda aja si keboo ini. gyahhaaaa... :D

    ReplyDelete
  4. Hyahaaa... Lucu banget sih kmu boo..
    kok masih sempet2nya gitu ngmbil poto si tukang rujak... =.='

    ReplyDelete
  5. Oo..oo.. celah.. Ka..kkaa.lau.. Be..begitcuu... :D

    ReplyDelete
  6. Bener tuh non, jangan sekali-sekali berbohong...kalau berkali-kali ngga papa..he..he

    ReplyDelete
  7. Yah malah berbohong lagi. Udah sebetulnya jawanya mana,,,mungkin deket...xexexeexexexeee

    ReplyDelete
  8. wkwkwkwkk.... critanya bikin ngakak. Mantap bener!!! abis itu pasti rujaknya dikasih gratis :P *puak (ditampar sandal)

    ReplyDelete
  9. haduh bahaya ya bohong
    **warning** kebo jgn bohong lagi yah ^^V

    ReplyDelete
  10. betul tuh..
    kebohongan 1 -> kebohongan 2 -> kebohongan 3 -> dst....

    salam kenal..

    ReplyDelete
  11. hahaha... logat memang kentara kalau dibandingkan, tapi kalau sama ornag yg sedaerah logatnya ga sama mah

    dri bali juga ya heheheh

    ReplyDelete
  12. Ceritanya lo lagi curhat nih sama abang rujaknya?
    hahahaha

    ReplyDelete
  13. wakwkakwa om mbak kebookyut nextime jgn bohong lagi dunt dah gitu bohong na gak ukuran lagi
    :D

    berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya makasih

    ReplyDelete
  14. iya bo........say juga pernah dulu waktu mesen rujak keliling pas mesen dia langsung nanya!!!!

    "dari Amrik ya mas......???" gitu katanya.....karena gak enak ya saya jawab aja kalo saya dari bangladesh!!!!

    kayaknya tukang rujak yang nanya kita sama deh bo!!!!! nanti kalo ketemu lagi hubungi saya ya!!! kita gebuki rame2 wkwkwkwkwk

    ReplyDelete
  15. Pesan moral, tips + peringatannya.. boleh juga tuh..

    hahahhaa...
    keboo bisa aja neyy...

    wahh..kok jadi pingin makan ruja yach..???
    heheeee.. :P

    ReplyDelete
  16. percakapan yg lucu wakakak..

    pesan moral nya dalem bgt boo ( buat sapi :P )

    ReplyDelete
  17. ahaha, tenang aja keboo sapa tau tu pedagang keliling juga boong bukannya orang jawa malahan orang bali, biar akrab gitu soalnyakan kebo dikira dari jawa hehe...

    ReplyDelete
  18. hahaha..aneh2 aja cerita mu boo,,

    ReplyDelete
  19. He..he bilang aja Boo,
    "Aku ndak dari Jember mas, Tapi sebelahnya jember"
    "Dari Banyuwangi yo mbak..?"
    "Sebelahnya lagi"
    "Mana mbak?"
    "Nyebrang lagi.."
    "Lho..ketabrak dong??"
    "Ndak apa-apa asalkan sama sampeyan.."

    he..he

    Aku bukan sekolah di SMANSA atau REsman Boo
    Rumahku di Tabanan, aku sekula di Mengwi..
    Bingung to? Aku ae yo bingung kok..

    ReplyDelete
  20. wakakka..sumpah aku ngakak bacanya..hahahaha..
    mbak asal jember saya juga..haha sumpah lucu..hehe..

    ReplyDelete
  21. *mau cubit bli jhoni dulu

    Gitu ya dik?
    Sama ah.. Mbok Gek lebih parah kalo bilang "Saya berasal dari Bali.."
    Tanggapan orang-orang... : NO YOU'RE NOT!
    Mana logat Balinya?
    Mana seledetan matanya?
    Mana agemnya...???

    Loooooooo...
    TIDAKKKKKSSSS

    ReplyDelete
  22. wkwkwkwkwkwk,,,,,!!! ,,,uhhh ,,,eee aduh gue keselek,,, !!! hahaha,,, kenape ngga bilang orang jakarta,,,, klo ditanya rumah,,, bilang di bawah jembatan...hahaha

    ReplyDelete
  23. wkwkw ada ada saja dii interview sama tukang rujak..
    ternyata Kebo dari bali sungguhan tohhh..

    ReplyDelete
  24. hehehe kunjungan perdana dan kesan nya, gokilll abisss.. mantap, keren...
    tak follow ah...
    salam kenal ya... saya bukan dari jember hihihi...

    ReplyDelete
  25. hahahahs lucu bo..
    kebo itukan sebutan kerbau di jawa
    emangnya dibali kerbau juga disebut kebo mbk?hehehe
    salam kenal

    ReplyDelete
  26. Enak rujaknya...
    Lho Keboo kuliah di Unej ya? wakakakak.... kabur!!!

    ReplyDelete
  27. hahahaha... kag keboo bisaa aja ngocok peruutku.. :D

    ReplyDelete
  28. untung di keboo ga ada huruf T , jadi ga mentok-mentok. keboo kalo aksen inggris jadi kibu kali yah? wkwkwkw

    ReplyDelete
  29. halo mbak...met sore....udah ada post terbaru yah???

    ReplyDelete
  30. sabar bo, untung dikira orang jawa, coba kalau dikira org gila hehehehe

    ReplyDelete
  31. sekali bohong lama-lama jadi kebiasaan..

    kunjungan perdana..
    salam kenal

    ReplyDelete
  32. kebohongan memang melahirkan kebohongan lain


    kebo ada tag, entah kamu udah kerjain apa belom, liat dulu ya :P

    ReplyDelete
  33. hahahah...
    kang aulawi bener tuh...

    kok jadi penasaran yah...
    hahaha.. (Sambil goyang² pingguL)

    ReplyDelete
  34. makanya jgn suka bohong. hehehe...met siang, boo...

    ReplyDelete
  35. wah ane pengunjung baru boleh ikutan komenk ga nih??? tapi boleh ga boleh tetep ane komenin sih jadi tenangg aja ( apa sihh..!!?? )

    oh Keboo Gadis Bali ya..!! cuakep dunk.. he.. he.. he.. .. ehm.. -_-'.

    Poko-nya jangan bersedih ga dibilang org Bali. Ane aja orang minang tapi logatnya ga pernah minang :P .. jadi pede ada kalo org salah duga, dari pada kesamber petir gara2 tukang rujakk.. =P

    ReplyDelete
  36. makanya kalau belajar yg serius, biar ada hasilnya, harus lebih semangat lagi

    ReplyDelete
  37. kamu anak bali iia???

    lutcu...
    hehehhehee..

    ReplyDelete
  38. ahahhahahahha LOL... ngakak nih! kok bisa paaasss yah sama2 dari Jember.. wakakkakakaka :D :D bener2 kyk kesamber petir donkk wkekekeke...

    aku sendiri lahir di Jawa tapi bahasa daerah Jawa ga gitu bisa kok.. *tozz*
    emang manggilnya mas di bali? bukannya.. bli..bli..gitu ya?

    ReplyDelete
  39. gyahahahhaha.. si tukang rujak mau tau aja tuh.. wkakakkaka

    ReplyDelete
  40. waaaaaaaaa, ternyata aku diboongin dulu.. puuuantessss!! padahal di belakang kampus tow bukan jalan sudirman tp supirman....!! ahay!! boo2!!

    ReplyDelete
  41. saya juga sama...walaupun orang indonesia tetep basih berlogat ngapak...

    ReplyDelete

Related Posts with Thumbnails