Tuesday, February 2, 2010

Virus Baru: Setanius Corupsicus

Tahu KPK?
Itu lho yang kemaren-kemaren bersitegang dengan polisi sehingga tercipta polemik (artinya apa ya, cuma asal comot kata, hehe): CICAK vs BUAYA.

Yep, Komisi Pemberantas Korupsi.
Denger-denger sih KPK akan masih bertugas sampai seluruh tindak korupsi terberantas dengan tuntastas!

Terus, keboo jadi mikir (perhatian: baca dengan intonasi mbak Fitri Tropika di Missing Lyric): kapankah, korrrrrupsi, akan, tuntas??! JAWABANNYA ADALAH…. Keboo juga nggak tahu, hehe…

Balik lagi, jadi hanya korupsi yang ditindak. Padahal dari dulu kan korupi tergabung dalam sebuah trio yang ketenarannya mengalahkan mbah, eh mbak-mbak trio macan! Trio KKN, alias Korupsi-Kolusi-Nepotisme.

Lalu si kolusi dan nepotisme siapa yang menindak? Atau memang tidak akan ditindak? Atau keboo salah kepanjangan, jangan-jangan KPK=Komisi Pemberantas KKN?

gambar dari: mukhsonrofi.wordpress.com

Keboo mendukung sekali adanya dan kerjanya oom dan tante di KPK. Karena korupsi, apalagi yang sampai merugikan Negara, harus segera diberantas, kalo tidak, nanti semakin banyak manusia Indonesia yang terjangkit virus Setanius Korupsicus dengan gejala korupsi setiap ada kesempatan. Dan mungkin saja penyakit itu nantinya memutasi gen kita sehingga anak-cucu kitapun menjadi mutan Korupsicus yang suka menghisap uang Negara.

Karena menurut penelitian yang dilakukan oeh Prof. Dr. dr. Keboowati Sp.PKKN(K) ? spesialis pengamat KKN konsultan, virus ini tidak saja bisa mereplikasi diri dengan cepat, namun juga memiliki enzim DNA splicing dan ligasi, sehingga virus ini dapat menyisipkan diri di genetika manusia.

Kemudian dengan jumawa ia terduplikasi, tertranskripsi, dan tertranslasi bersama DNA normal lainnya, menghasilkan protein yang dapat memerintah otak manusia untuk melakukan korupsi, menutup mata hati nuraninya, dan menutup telinga dari cemoohan masyarakat akan korupsi yang dilakukannya.

Dan untuk mengatasinya pun, sang profesor telah memformulasikan vaksin yahud yang bisa meningkatkan kekebalan diri terhadap virus tersebut. Yakni yang pertama, semasa kecil anak-anak diberikan pembelajaran bahwa korupsi itu sangat berbahaya, menanamkan padanya bahwa korupsi bisa menghancurkan negara bahkan keluarga. Beri contoh perilaku korupsi dan akibatnya, sampai melakukan simulasi guna memperkuat sistem imunnya. Praktek nyata juga dapat diberikan seperti menerapkan warung kejujuran yang telah dilakukan oleh sejumlah sekolah di Jakarta.

Seperti vaksin lainnya, ada kalanya kekebalan ini akan melemah sehingga diperlukan booster di saat menginjak masa dewasa secara berkala. Booster yang bisa dilakukan adalah dengan meningkatkan iman dan rasa takutnya akan hukum karma yang akan diterima bila melakukan korupsi. Ditambah lagi dengan memberikan hukuman sosial seperti pengucilan maupun pemenjaraan seumur hidup.

Penelitian ini telah dimuat di New Indonesian Corruption Journal volume 11 tahun 2010 dengan judul Mutation of the 24th Human Chromosome due to Setanius Korupsicus.
Ckckck… terima kasih penelitiannya bu keboowati.. sungguh sangat LUARRRR BIASA! Ngawurnya…. Namun semoga ini bermanfaat bagi kita.

Tapi beneran lho, sampe di daerah kecil, KKN sangat meraja lela. Menurut tim investigasi yang bertugas di lapangan, untuk menjadi pegawai negeri saja harus membayar jutaan rupiah biar keterima. Menurut desas-desus yang layak dipertimbangkan, untuk menjadi pejabat pun begitu.

Ceritanya di sebuah kerajaan (anggap aja kerajaan kecil), sudah tiba waktunya untuk mengganti kepala kementrian pengabdian masyarakat karena sudah hampir 5 tahun ia bertugas. Dan dari situ ada 4 orang bangsawan yang mengajukan diri sebagai calon menterinya, bahkan salah satunya merupakan orang yang pengabdiannya bisa dibilang belum selama calon lain.

Namun persyaratan yang diminta oleh si raja ternyata bukanlah pengabdian apa yang selama ini telah diberikan kepada kerajaan,prestasi kerja apa saja, ataupun program kerja kreatip-inopatip-tukang intip-makan entip apa yang akan dilakukan bila terpilih. Melainkan : siapakah yang bisa membayar sebanyak 150 keping berlian kepada raja, dialah yang akan diangkat menjadi menteri.

Tertegun keboo mendengar cerita itu. Dan menyedihkannya lagi ada seorang-mungkin lebih dari seorang- yang telah mengabdikan diri selama puluhan tahun di departemen pengabdian masyarakat yang telah memberi prestasi yang cukup gemilang dan masa pengabdian yang panjang, ia dimasukkan ke kementrian pun tidak. Padahal dilihat dari semua hal di atas, dia sudah sangat pantas untuk menjabat sebagai pembina, bukan pelaksana lapangan lagi.

Alasannya hanya 2: ia tidak bisa membayar dan tidak mau membayar berkeping-keping berlian hanya untuk naik jabatan, karena memang ia sangat idealis. Tapi keboo pikir, jauh di lubuk hatinya, ia pasti sangat ingin mencetak prestasi sebagai orang yang berhasil masuk kementrian atas apa yang telah diperjuangkannya selama berpuluh tahun masa kerjanya. Ckckckck…

Untuk kasus di atas, Prof. Keboo merasa perlu pengobatan dini kepada tersangka. bisa dengan melucurkan langsung 'dokter' sebagai mata-mata ke daerah-daerah yang berperan menindaklanjuti kasus-kasus serupa. Sehingga pejabat tamak dapat diberantas dan pejabat kerajaan lain dipilih berdasarkan kompetensinya bukan potensi hartanya. Kalau perlu dilakukan pengumuman secara resmi keseluruh dusun bahwa si anu melakukan tindak korupsi sekaligus jumlahnya. Sehingga masyarakat dapat membuka mata lebar-lebar agar tidak memilih pemimpin kerajaan sepertinya.

Jadi siapa lagi yang mau jadi raja tamak, menyakiti banyak hati, merugikan banyak pihak, dan meninggalkan jejak KKN di mana-mana. Mungkin banyak yang bertanya bagaimana orang seperti raja tadi bisa selamat dan hidup bahagia dengan hasil jarahannya? Di manakah hukum karma dan hukuman Tuhan yang dulu kita pelajari di buku-buku SD? I also wonder why. Tapi keboo yakin Tuhan adil banget. Kyaaaa I Love You, God…

Tuhan : “krik…krik.. kapan Aku menciptakan makhluk keboo yang satu ini?”

20 comments:

  1. Yang namanya korupsi itu ngga cuma makan uang negara aja
    kadang ngga sadar aku juga korupsi lho..
    nilep susuk dari ibuku.
    mental yang buruk yoo...

    ReplyDelete
  2. uwakakaka..ini semua para hewan.. ada itik, kebo, dan juga penyu disini...

    maknyuuus...ud difoLLow bo...

    ReplyDelete
  3. pernah denger ceritanya negara china dari negara paling korup menjadi negara dengan perindustrian paling pesat hanya dalam 3 tahun...?

    bayangkan 3 tahun..... korupsi lenyap dinegara itu dimulai dengan peristiwa LAPANGAN TIANANMEN.... Indonesia terlalu terikat dengan badan asing sehingga tak mampu mengatur pemerintahannya sendiri.

    ReplyDelete
  4. waahhh.... Ternyata kmu kritis juga ya orangnya.
    Peduli dengan hal-hal demikian. Harusnya Indonesia bangga punya warga kayak keboo ini, karena melalui tulisan berupaya untuk memajukan bangsa ini...

    Keep Writing, keboo...

    ReplyDelete
  5. Kunjungan balik...wadoooh ! cantik2 ko panggilannya kebo sih...he...he, salam kenal juga...blognya sudah saya follow. Follow balik ya..! awas kalo ngga...bang Pendi potong2 nanti...he..he

    ReplyDelete
  6. Wawww...nice posting..

    Dah aku follow yach..
    Lam kenal..
    Oiyaa...jangan panggil aku mbak deh..
    aku lebih muda dari kamu kok..
    heheeeeeeee....

    ReplyDelete
  7. nIce pOst sOb,,
    fOtoNya Qren jUga tU,,
    hehe,,
    salam kenal sOb,,
    tUkeran lInk yU' sOb??

    ReplyDelete
  8. akhirnya... ternyata memang cuma jam segini aja keboo bisa komen, modem ato providernya yg keboo salahin yak??!!!
    btw,makasi buat yg udah ngeliat2, follow, ma link keboo yg baru belajar di komunitas ini ya...

    *bowing
    ^^
    masi banyak yg pengin keboo pelajari ttg blog... mohon bantuannya...

    ReplyDelete
  9. @itik: emang korupsi kecil2an sering terjadi, huehehe... menurut keboo, kalo mau nilep, blg2 j ma ibu. soalnya menurut pngalaman keboo, ibu pasti ngasi. jd ga dosa, bhuehehe
    @okky: makasi ya... jgn lupa, ada kura2 jg.. hehe
    @mas ichang: smoga RI bisa!!! kita doa bareng yukkk... -.-(ssttt... keboo lg doa!!atau tidur yak?!)
    @mayasaridotnet: wah, keboo kan cuman nulis, oom2 yg menindak KKN lah yg harus menerima pujian...tapi kok helm keboo jd nggak muat tiba2 y??
    @bang pendi: ampuuunnnn...idul adha masih lama, bang.. LAPOR!! KEBOO SUDAH POLOW! makasi y bang..
    @ieyaz: wah, maap..abisnya km uda kerja(lgsung manggil pake 'kamu', mana sopan santunmu, boo?!) hehe.. lupakan soal umur,mari kita berteman!!! (blg aja takut ketauan sdh tua, hihi)
    @ngeposting ni yee: fotonya bukan keboo yg buat, ni nyomot, tapi lupa alamtnya...huaaa maaf bwt yg buat...
    boleh kok, tapi keboo buat namanya apa? 'ngeposting'? atau 'nih yee'?

    thx for all.. i lope yu

    ReplyDelete
  10. bUat nAmanya nGEposting nI yee aja,,
    klo kamu mau di buat apa ni nama lInknyA??

    ReplyDelete
  11. bo, ada tuH bLog kucing tengiL..cek aja di blog list penyoe...uhaeuae.. kuRa2nya dimana????

    ReplyDelete
  12. terus maju and bantai korupsi,,bener juga ya kolusi dan nepotismenya kemana ya?

    ReplyDelete
  13. visit you back !! ;)

    kosrupsi memang susyah dbrantasnya, susyah tapi bukan berarti gak bisa.

    korupsi itu ya dimulai dari yang kecil kecil, keik ngabisin kertas kantor buat urusan pribadi. ato online lama2 pake fasilitas kantor padahal lagi kerja. balik lagi ke mental. dan aku ?? well im a corruptor actually, korup yang kecil2. ahhh payah memang, semoga gak memupuk mental jadi koruptor besar. amin :P

    ReplyDelete
  14. Hai hai hai..
    Gambarnya lucu, deh.. ck ck ck ..
    btw, mo tanya, kenapa dipanggil kebo, dannnn. sekolah di mana, neng?

    ReplyDelete
  15. lInK kaMu jG udH nonGkrong di bLOg aq,,
    makasih ya,,
    sering2 mampir ya,,

    ReplyDelete
  16. @ngeposting ni yee: makasi jg y..
    @okky: kura2 ada di duniAkura.. yep, kucing tengil y...kok namanya seremmmm
    @hendro: hoho,,, makasi udah bertandang ke kandang keboo...ayo2 bersihin kamar mandi!! (nggak nyambung)
    @luvaholic9itz: makasi, maaf ala kadarnya y.. silakan dinikmati... hati2 ketauan boss lho...
    @mbok GEK: karena keboo suka bobo, cuma bisa gambar keboo lucu, dan udah ada yang pake name bebek di bebekreweldotcom.. hehe
    kuliah di unud, salah satu deretan kamsud(kampus sudirman)
    @mbak fanny: keboo cuman prihatin mbak.. hehe.. politik is not my field... terlalu banyak intrik yang kadang licik..

    ReplyDelete
  17. bo, virusnya keren deh.
    kayak nama dari jaman yunani gitu...hiahahahaha...
    btw gambarnya juga lucu.
    ayo bersama om dan tante di KPK kita berantas korupsi...(loh)

    ReplyDelete
  18. wow.. mantap! analogi yg keren euy... ^^ miris juga sih kalo denger ada praktek suap menyuap dlm pemerintahan, dan hasilnya mereka yg duduk di pemerintahan bukan orang yg ahli di bidangnya.. ancur deh jadinya..
    btw, salam kenal 'n makasih atas partisipasinya yaaa...

    ReplyDelete
  19. beeeeh terlalu serius negh.... ma ga ngerti politik....cuman ngerti spongebob, hax2!

    ReplyDelete

Related Posts with Thumbnails